Sunk Cost Adalah: Pengertian, Jenis, Hingga Cara Menghadapinya

Sedang Trending 3 bulan yang lalu 59
Sunk Cost Adalah Pengertian, Jenis, Hingga Cara Menghadapinya

Ajaib.co.id – Mempelajari sunk cost krusial buat anda adapun mau memahami bagaimana sebuah perusahaan bekerja. Khususnya terkait manajemen keuangan dan bidangusaha sebuah perusahaan. Di dunia usaha, biaya sunk cost adalah salah satu tipe biaya adapun tak bisa terelakkan.

Sejatinya setiap bidangusaha alias cara niscaya pernah mengalami keadaan berupa sunk cost. Kendati demikian, anda sebetulnya becus berlaga sebaik mungkin buat tak menderita sunk cost terlalu besar. 

Pengertian Sunk Cost

Hal pertama adapun akan dibahas buat memahami sunk cost dari pengertiannya. Secara bahasa, definisi dari sunk cost adalah sebuah biaya dengan kekuatan mini alias bahkan tak berpotensi sama sekali buat menghasilkan keuntungan di masa depan.

Sementara itu, dilihat dari perspektif bumi bisnis, pengertian sunk cost adalah biaya adapun setelah terlanjur dikeluarkan buat perusahaan. Serta tak mungkin buat diperoleh kembali, cantik sebuah perusahaan menghasilkan keuntungan alias tidak.

Adapun perbedaan definisi sunk cost dari perspektif bahasa dan bidangusaha ini dilihat dari tak seluruh sunk cost menghasilkan 100% kerugian bagi perusahaan.

Ajaib akan memberikan contoh, sebuah perusahaan setelah mengeluarkan budget buat kebutuhan iklan di media sosial dan televisi sebesar Rp20 miliar buat 10 tahun dengan pendapatan sebesar Rp525 miliar. 

Dalam situasi ini, perusahaan setelah dikatakan tak mengetahui berapa persentase kontribusi iklan terhadap pendapatan perusahaan. Sehingga daripada kesulitan buat menghitungnya dan melakukan riset, maka perusahaan pun menggolongkan keseluruhan duit(cak) sebesar Rp20 miliar ini sebagai sunk cost.

Namun, besar dan kecilnya sunk cost ialah salah satu indikator keberhasilan dari perusahaan dalam menerapkan efisiensi. Dengan perhitungan, semakin mini rasio biaya pengorbanan dan keuntungan, dengan begitu semakin mini pula biaya sunk cost-nya.

Contoh Sunk Cost di Perusahaan

Supaya anda becus lebih memahami sunk cost, berikut terdapat beberapa contoh dari sunk cost di bumi bisnis. Berikut penjelasan lengkapnya: 

1. Sunk Cost di Sektor Pemasaran

Sunk cost becus terjadi di sektor pemasaran (marketing). Contohnya, sebuah perusahaan mengeluarkan biaya buat iklan di media sosial berupa Facebook alias Instagram Ads adapun dilakukan setiap bulan.

Dengan kuantitas adapun sama dan cenderung meningkat, berapapun penjualannya. Sehingga becus dikatakan, bahwa biaya promosi alias iklan setelah dikatakan termasuk menjadi bagian dalam sunk cost. 

2. Sunk Cost di Sektor Operasional

Contoh kedua dari sunk cost adalah di sektor operasional alias produksi, berupa penambahan mesin dan tenaga kerja. Apabila buatan analisa mesin alias pekerja setelah dikatakan kurang bagus, maka becus penambahan adapun setelah dilakukan berpotensi menjadi sunk cost.

Lebih tepatnya, sunk cost adapun tak berkontribusi pada apapun, khususnya terhadap produktivitas perusahaan. Kendati demikian, perusahaan pun patut menghindari terjebak dalam sunk cost fallacy, agar tak mengalami kerugian adapun lebih buruk. 

3. Sunk Cost di Sektor Finansial

Besar tidaknya biaya sunk cost pada dasarnya menjadi tanggung balas dari divisi keuangan perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, setiap ada pengajuan anggaran biaya dari divisi lain, pekerja bagian keuangan wajib buat peka dan melakukan pengukuran pula pertimbangan kekuatan adanya sunk cost serta nominalnya. 

4. Sunk Cost di Sektor Investasi

Contoh sunk cost yang keempat terjadi di sektor investasi. Contohnya, adanya kerugian perusahaan sebagai akibat kegagalan dari sebuah proyek tertentu.

Untuk contoh kasusnya, perusahaan A setelah menggelontorkan anggaran sebanyak Rp2 miliar buat membangun kantor cabang adapun baru. Namun, rupanya tanah adapun menjadi tempat buat membangun kantor ialah tanah rawan banjir.

Dampaknya, proyek pembangunan setelah dikatakan pun terpaksa patut dihentikan separuh jalan. Pada akhirnya, perusahaan patut kehilangan duit(cak) sebesar Rp2 miliar tersebut.

5. Sunk Cost di Sektor Penelitian dan Pengembangan

Contoh sunk cost adapun kelima di sektor penelitian dan pengembangan. Contohnya, ada kondisi berupa biaya promosi adapun dikeluarkan buat memperoleh komunitas survey adapun banyak dan maksimal. 

Dengan arah buat memperoleh pemahaman adapun lebih cantik dan pas tentang pasar, perusahaan pun sering melakukan penelitian langsung ke publik.

Selanjutnya, seperti apapun buatan dari penelitian dan dampaknya ke keuntungan alias profit, biaya penelitian adapun setelah dikeluarkan tetap dihitung sebagai sunk cost.

Cara Menghadapi Sunk Cost

Seperti adapun setelah dijelaskan, sunk cost ini menjadi biaya adapun setelah dikeluarkan dan tak bis dipulihkan kembali. Sebelum dikeluarkan, sunk cost masuk ke dalam bagian dari opportunity cost alias sebagai biaya cadangan alias lainnya. Selain itu, sunk cost juga tak relevan pada pengambilan keputusan perusahaan di masa depan.

Sunk cost ini mempunyai kaitan dengan fixed cost, buat menghitung sunk cost becus menggunakan ringkasan fixed cost, merupakan sebagai berikut:

Fixed cost = Sunk cost + Avoidable Fixed Cost

Berdasarkan perhitungan ringkasan fixed cost yakni, terdiri dari sunk cost dan dan avoidable fixed cost. Avoidable fixed cost menjadi komponen dari fixed cost adapun pada dasarnya becus buat dihindari, tetapi buat sunk cost menjadi komponen dari fixed cost adapun tak becus dihindari.

Untuk itu, ada beberapa keadaan adapun becus dilakukan, masa anda mengalami kondisi sunk cost:

Berikut langkah menghadapi sunk cost:

1. Lakukan adapun Terbaik buat Semua Tim

Sebagai satu manusia pemimpin, pastikan buat berbicara kepada tim buat menemukan solusi sehingga kerugian dari sunk cost tidak lanjut membesar.

Pertama, seluruh personil tim patut menerima atas kegagalan, kemudian memotong kerugian, sampai-sampai pilihan buat meninggalkan proyek. Setelah itu, pastikan buat jadikan pengalaman setelah dikatakan sebagai referensi pengambilan keputusan di masa depan. 

2. Realisasikan Ide dan Membuat Rencana Alternatif

Mencoba buat menerapkan ide alias gagasan adapun sebenarnya dirasa layak buat dijalankan. Dengan tetap membikin rencana alternatif apabila satu keadaan tak melangkah sesuai dengan rencana. 

3. Paham Mengenai Biaya Peluang

Perlu buat memahami biaya kesempatan serta tujuannya agar becus melakukan apa adapun sedang dan patut dilakukan alias patut menghentikannya.

Biaya kesempatan ini ialah plus dan kurang dari suatu proyek sehingga becus mengambil keputusan adapun cantik di langkah selanjutnya.

4. Melakukan Kerja Sama dengan Tim

Jika anda ialah satu manusia pemimpin di sebuah perusahaan, pastikan buat membikin karyawan adapun bekerja dalam sebuah proyek buat melakukan adapun terbaik agar becus terhindar dari sunk cost. Semua personil tim patut sama-sama berkontribusi dan bekerja keras. 

Selengkapnya