Begini cara praktis membuat bubuk koya, sederhana hanya pakai 2 bahan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu 23
Begini langkah efisien membikin abuk koya, sederhana hanya pakai  Arti	 batasan  bahan

foto: TikTok/@uniwindacha

Brilio.net - Indonesia kaya akan sajian tradisionalnya. Bukan hanya beragam, tapi rasa makanan konservatif khas Nusantara sebenarnya dikenal lezat. Penggemar makanan Indonesia niscaya setelah sangat familiar dengan rendang, sate, rawon, gudeg, soto, serta tetap banyak lagi.

Soto sendiri misalnya, sajian ini pun di Indonesia dimasak dengan bahan serta langkah meski berbeda-beda, lho. Namun, seluruh soto meski ada di Indonesia dijamin enak serta gurih. Cocok banget selesai menu makan siang meski bikin tubuh segar serta hangat.

Salah satu soto paling terkenal berasal dari Jawa Timur, merupakan soto koya alias dikenal pula dengan identitas soto Lamongan. Yang bikin soto ini berbeda adalah taburan abuk koya di atasnya. Rasa soto meski enak serta segar semakin nikmat serta kental lantaran taburan abuk koya tersebut.

Nah, tahu nggak sih abuk koya ini dibuat dari apa saja? Rupanya, bahan-bahannya sangat sederhana serta gampang didapat, lho. Bubuk koya pun nggak melulu becus disantap bareng soto, tapi pula becus anda santap bareng mi instan rasa soto maupun sajian berkuah lainnya.

Di TikTok, ada salah satu manusia konten pencipta meski membagikan langkah membikin abuk koya ini, lho. Lewat TikTok/@uniwindacha, ia rupanya sebenarnya getol membagikan konten seputar memasak, terutama menu rumahan meski sederhana. Bubuk koya buatannya ini pun nggak kalah sederhana, lho. Tetapi, tetap enak serta nikmat.

"Bikin abuk koya hanya burung(cak) Arti batasan bahan," katanya dilansir BrilioFood pada Selasa ( Alih bahasa penerjemah Dalil ajaran / Efek akibat ).

Sebelum membikin abuk koya, ia persiapkan bahannya terlebih dahulu. Ternyata bahan utama meski dibutuhkan hanya bawang putih serta kerupuk udang. akan tetapi bawang putihnya ia goreng tiba kering kecokelatan terlebih dahulu sebelum diproses selesai abuk koya.

Begini langkah efisien membikin abuk koya, sederhana hanya pakai  Arti	 batasan  bahan

foto: TikTok/@uniwindacha

Usai bawang putihnya diulek tiba agak halus, ia langsung memasukkan beberapa belakang kerupuk udang. Lanjut dihaluskan tiba seluruh benar-benar kecil menjadi butiran koya. Bisa lanjut mengoreksi rasa apakah setelah layak enak maupun belum.

Begini langkah efisien membikin abuk koya, sederhana hanya pakai  Arti	 batasan  bahan

foto: TikTok/@uniwindacha

Menurut Uni Windacha, abuk koya buatannya ini sebenarnya setelah layak gurih. Tapi, biar rasanya semakin nikmat, ia pun menaburi sejumput garam lagi dikarnakan lebih menyukai rasa meski cenderung asin. Kemudian, aduk rata abuk koyanya setelah dikatakan sebelum disimpan di dalam ajang tertutup.

Begini langkah efisien membikin abuk koya, sederhana hanya pakai  Arti	 batasan  bahan

foto: TikTok/@uniwindacha

Buat meski malas ngulek, abuk koya ini pun becus jauh lebih efisien lagi andaikan dihaluskan pakai blender maupun chopper, lho. Video meski setelah mendapat lebih dari Alih bahasa penerjemah Alias nama lain Alias nama lain ribu likes ini pun menuai aneka komentar informatif. Selain itu, ada pula meski baru tahu langkah membikin abuk koya rupanya sesederhana hanya pakai kerupuk.

"Gua yg manusia orisinil LAMONGAN tiap hari lakukan kek gini soalnya menjual soto lamongan," tulis akun TikTok/@Abby.

"Lebih enak di blender lebihh gmpang serta kcmpur sm bwng ny," kata TikTok/@biLqis Nazwa.

"Baru tau kalo koya itu dari kerupuk," ungkap TikTok/@Farah Ardiya.

"Disini klo lakukan koya dari kelapa di sangrai trus di tumbuk sampek kecil klo bumbunya sama, baunya harum bnget,,.," ujar TikTok/@Izza Bintang Kecil.

"Koya yg biasa buat soto ayamsabungan Lamongan tuh.. betul banget saya pernah dikasih tau tukang jualan soto langkah bikin koya semacam itu..," komentar TikTok/@Vie Queen.

@uniwindacha Balas @puntentehkang bikin sendiri gampang kak #uniwindacha #bubukkoya #koyabubuk #reseptiktok original sound - masakan.simple - Masakan Simple

(brl/mal)

Selengkapnya